Blogroll

CV. Assiry Art dalam Liputan

Assiry GRC Kubah Masjid

Selamat Datang di www.assirygrckubah.com , kami ahlinya membuat GRC kubah, ornamen, dll. Silakan anda lihat karya-karya kami, besar harapan bisa bekerja sama dengan anda.

CV.Assiry Art adalah kendaraan Pesantren Seni Rupa dan Kaligrafi Al Quran yang ikut andil dalam menebarkan virus- virus kaligrafi di Indonesia dan manca negara. Berbagai bahan dan media yang sudah ditangani. Sejak 2003 CV.Assiry Art mencoba peruntungan bisnis dengan menggunakan bahan GRC untuk pembuatan motif ukiran, baik krawangan maupun masif. Disamping itu CV.Assiry Art juga mulai menerima order membuat Kubah GRC satu paket dengan kaligrafi interior dan eksterior kubah.

GRC adalah singkatan dari Glassfibre Reinforced Cement, dimana pengertiannya adalah sebuah produk precast / pracetak dari beton yang di-mixed dengan serat fiberglass. Keuntungan produk GRC adalah lebih ringan di banding dengan produk beton pracetak pada umumnya dan bisa dibuat lebih tipis sebagai papan GRC / GRC board atau panel GRC.

GRC adalah produk rekayasa sebagai pengganti produk-produk sejenisnya. Karena dapat diaplikasikan untuk menutup dinding/bangunan lama dan atau bangunan baru. GRC memiliki ketahanan terhadap cuaca atau suhu tertentu karena mengandung serat alkali resisten. GRC memiliki ukuran yang sangat presisi karena menggunakan moulding satu jenis sesuai desain yang diinginkan. Cetakan GRC dapat dibuat dengan Material antara lain: Triplek, Resin, Karet, dan GRC itu sendiri.Pelaksanaan pekerjaan GRC dapat dilakukan dengan waktu yang singkat dan lebih cepat dibanding material sejenisnya. Penginstalan GRC dapat dilakukan dengan sistem pengelasan, fiser, dan menggunakan material-material lain sebagai pendukung seperti Dynabolt, Braket atau Rangka siku, Besi Pipa atau bisa disesuaikan dengan kondisi lapangan.

Produk-produk grc yang di buat CV. Assiry Art antara lain :
Kubah/Dome (Polos & Motif), Ceilling/Plafon (Polos & Motif), Cover Coloumb Listplank ( Polos & Motif), Clading Dinding ( Polos & Motif), List Profil, Sopi-sopi, Pot Bunga, Canopi, Juga Mengerjakan GRC Board, Kalsiplank Polos dan Motif Kayu Jati.

Keunggulan produk GRC :
-Mampu memproduksi bahan-bahan yang rumit.
-Bisa dicetak dalam bentuk apapun
-Ringan dan mudah dalam pemasangan
-Dapat mengurangi beban pada konstruksi gedung
-Tahan terhadap api dan perubahan cuaca
-Tahan lama serta mudah dalam pemeliharaan.
-Ideal untuk membuat profile atau ornament yang bergaya klasik atau maroko yang menggunakan full ornamen arabic art.

Bahan baku yang digunakan adalah:
- SERAT FIBER : jenis alkali-resistant dengan kadar zirkonia (Zr02) yang tingggi. Berbentuk panjang seperti tali, yang pada waktu proses penyemprotan serat tersebut akan terpotong-potong sepanjang 18 – 36 mm. serat fiber yang kami gunakan adalah Roving Spry Up 2400 Tex ex. Taiwan.
Komposisi pemakaian serat fiber adalah 5% dari bobot GRC/m2.
SEMEN: Semen yang digunakan adalah portland biasa seperti disyaratkan oleh beton atau PBI TYPE 1971. Untuk sement yang biasa digunakan oleh CV.Assiry Art adalah semen gresik dan tiga roda..,
PASIR: Pasir yang digunakan adalah pasir galunggung yang bersih, kering dan keras, berfradasi 150 mikron sampai 1,2 mm. dengan persyaratan lumpur organik > 0,5%, silika > 96%, larutan garam < 1% dan kelembaban < 2%.,
AIR: Air dengan syarat bersih, tidak mengandung lumpur dan setara dengan air yang digunakan untuk adukan beton.

Berikut ini beberapa jasa seni rupa dan kaligrafi yang kami tawarkan

GRC KUBAH

Kubah GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan kubah Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya, Kubah GRC terbilang lebih murah daripada kubah dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

GRC KRAWANGAN

GRC Krawangan sudah menjadi hal yang wajib ada di sebuah masjid. Keindahan corak dan tekstur krawangan GRC menjadikan masjid terlihat lebih elegan

Silahkan klik di sini

GRC KALIGRAFI

Kaligrafi GRC menjadi alternatif bagi anda yang menginginkan kaligrafi timbul yang megah dan terkesan mewah

Silahkan klik di sini

GRC LISTPLANG

Listplang GRC dengan motif ukiran dan atau ornamen akan membuat Masjid semakin indah. Kami melayani segala bentuk motif untuk listplang

Silahkan klik di sini

GRC MOTIF MASIF

Siapa yang tak takjub melihat indahnya ornamen dan motif GRC. Dengan paduan desain yang unik dan elegan menjadikan GRC motif masif ini terlihat mencolok dan sedap dipandang.

Silahkan klik di sini

GRC MAKARA TIANG

Tiang penyangga pada Masjid akan semakin elok dipandang jika dipadukan dengan GRC Makara tiang, dengan motif dan ornamen klasik semakin membuat Masjid terlihat elegan.

Silahkan klik di sini

GRC MAHKOTA KUBAH

GRC Mahkota kubah sebagai pelengkap Kubah GRC anda. Dibuat berdasarkan desain yang anda inginkan.

Silahkan klik di sini

GRC MENARA

Menara GRC menjadi pilihan alternatif bagi yang menginginkan Menara Masjid yang elegan dan kuat. Selain Dari segi biaya Menara GRC terbilang lebih murah daripada Menara dari bahan yang lain.

Silahkan klik di sini

RELIEF BATU PARAS JOGJA

Relief batu paras jogja begitu rumit dan unik desain dan coraknya. Tentunya semakin membuat Masjid atau rumah anda terlihat unik dan menarik

Silahkan klik di sini

KALIGRAFI KUBAH

Kubah merupakan komponen penting sebuah masjid, dengan sentuhan kaligrafi dan ornamen estetik akan membuat kubah menjadi indah. Tak perlu diragukan lagi, pengalaman kami dalam membuat kaligrafi kubah sudah terbukti dengan banyaknya masjid/musholla yang sudah menggunakan jasa kami. Baik itu kubah berhias kaligrafi, ornamen, lukisan awan dan yang lain

Silahkan klik di sini


Kamis, 13 Oktober 2016

PEMBUATAN SENI EBRU ATAU MARBLING

PSKQ Modern, 14 Oktober 2016




Pada postingan ini kita akan membahas tentang seni ebru yang pada postingan sebelumnya secara sekilas kita telah mengetahui kolaborasi antara seni kaligrafi dan seni ebru. Nah selanjutnya kita akan mencoba melihat lebih jauh, bagaimana proses pembuatan seni ebru tersebut dan alat serta bahan apa yang digunakan dalam pembuatan seni ebru.

Seni ebru ditemukan pada abad ke 13 M di Turkistan dan selajutnya menyebar ke berbagai negara seperti China, India dan Anatolia (sekarang Turki). Pada saat itu para seniman kaligrafi Seljuk dan Turki Usmani (Ottoman) banyak menggunakan seni marbling untuk menghiasi sampul-sampul buku mereka. Selanjutnya penggunaan seni ebru semakin meluas higga digunakan pada dokumen resmi dan surat menyurat. Kemudian para seniman Turki lah yang mengembangkan seni ini dan menemukan banyak cara membuat seni ebru serta menyempurnakan tekhnik pembuatannya. Hal inilah yang kemudian menjadikan negara Turki sebagai pusat seni marbling selama berabad abad sampai sekarang. Masyarakat turki selanjutnya menyebut seni marbling ini dengan sebutan seni EBRU. Kata ebru sendiri oleh masyarakat Turki mungkin diturunkan dari kata EbrĂ­ yang berarti awan, dan dari kata AbrĂș yang berarti permukaan air.

Bahan Utama Seni Marbling

Bahan utama pembuatan seni marbling yaitu getah Travaganth, yang mungkin bagi kita masyarakat Indonesia pasti asing mendengar nama tersebut karna memang  tidak tersedia di Indonesia.  Untuk kita yang mungkin ingin membuat seni marbling tersebut harus membelinya secara online, atau malah lebih bagusnya lagi anda bisamenemukan bahan alternatif untuk seni marbling. Kan kita tau sendiri, Negara kita Indonesia merupakan Negara kaya yang akan jenis mineral dan getah-getahan yang tersedia.

Disini saya tidak akan menjelaskan detail cara pembuatan seni Ebru karena saya sendiri juga belum pernah membuat seni ebru. Dibawah ini saya hanya akan menuliskan beberapa rangkuman tulisan yang saya kutip mengenai cara membuat seni Ebru. Bahan-bahan dan alat-alat pembuatan Ebru (beberapa diantaranya khas Turki), antara lain :

1.  Kitre atau getah tragacanth
Kitre diperoleh dari menyadap getah sejenis pohon berduri khas Timur Tengah dan Turki. Ketika kering warnanya putih tulang. Tersedia dalam bentuk cair dan bubuk.


Cara menyiapkan getah ini untuk siap digunakan pada seni ebru yaitu, siapkan tiga sendok Getah tragacanth dicampur dengan air hingga meleleh dan larut. Takaran campuran ini mesti tepat, agar pewarna yang diteteskan bisa mengambang. Larutan itu kemudian didiamkan selama dua hari, setelah dua hari cairan akan berubah agak kental dan lengket. 

2.  Tray/wadah digunakan untuk menampung media lukis. Besarnya disesuaikan dengan ukuran kertas yang akan digunakan. Larutan getah Tragacanth yang sudah siap dituangkan kedalam tray.

3.  Pewarna alami
Pewarna ini berasal dari mineral dan tumbuh-tumbuhan. Pewarna ini biasanya dicampur dengan empedu hewan (cattle gall), supaya ketika pewarna diteteskan kedalam tray, ia bisa mekar. Cairan gall ini beraroma tidak enak, dan tersedia secara online.





4.  Peralatan Lukis,
Peralatan lukis yang digunakan antara lain kuas dari bulu kuda (horsehair), pipet, sisir, tongkat dan lain lain.

Bila peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap, maka kita mulai saja pembuatan seni ebru:
1.      Cipratkan pewarna pada wadah yang telah diberi larutan getah Tragacanth. Pewarna akan membentuk pola-pola marmer diatas larutan tragacanth.
2.      Teteskan warna warna yang disukai, lalu buat menjadi motif yang diinginkan.
3.      Letakkan kertas diatas pola-pola yang telah dibuat. Setelah kertas diangkat, anda akan mendapatkan seni Ebru yang indah.

Untuk lebih jelasnya lagi, mendingan tonton saja videonya. Berikut ini adalah beberapa video tentang Seni Ebru :





Sedangkan video berikut ini adalah proses pembuatan seni ebru ukuran raksasa :











0 komentar:

Posting Komentar